Searching...
July 18, 2011
Monday, July 18, 2011

Perbedaan Proxy dan Direct Connection

Apakah Proxy itu memiliki keistimewaan? Ya, jika kamu sedang kehabisan kuota, dan bandwidth mulai menyempit. Tidak percaya? Saya akan membuktikannya dengan beberapa tools dari Back|Track 5 dan Windows. Diantaranya adalah Etherape, Network Proxy Manager, dan Proxy Switcher.

Pada postingan sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang bagaimana mencari Proxy yang cocok dengan jaringan anda dengan menggunakan Proxy Switcher. Setelah mendapatkan proxy, kamu bisa mulai mencoba perbedaan antara Proxy dan Direct Connection.

Langsung saja.
Buka Network Proxy Manager dengan cara memilih System ->  Preferences -> Network Proxy
Pilih Dirrect Internet Connection. Pada pilihan ini, anda sedang menggunakan koneksi langsung ke sebuah website. Atau tidak menggunakan Proxy. Jangan lupa menginstall Etherape anda dengan measukan perintah: apt-get install update, kemudian apt-get install etherape. Setelah etherape terinstall, buka etherape dengan navigasi Applications -> Internet -> Etherape.
Jika kamu menggunakan modem dial-up, maka Pilih Capture-> Interface ->  ppp0
Maka Etherape akan memulai memindai setiap koneksi yang terjadi pada interface ppp0.

Seperti ini yang terjadi jika kamu tidak menggunakan Proxy:


Saya sedang membuka facebook, dan terlihat modem mulai menghubungi beberapa situs untuk memuat halaman web. Biasanya situs-situs yang di hubungi ini, adalah situs iklan. Lalu apa hubungannya dengan memperlambat kinerja modem? Jelas terlihat bahwa modem mulai kelimpungan menghubungi banyak websti hanya unutk memuat satu halaman, belum lagi jika anda membuka beberapa website dalam satu waktu. Ini yang membuat koneksi internet anda menjadi lambat.

Lalu bagaimana jika kita menggunakan modem? Cek gambar yang satu ini.

Terlihat bahwa saya hanya menghubungi dua IP address, walaupun saya membuka 4 situs sekaligus. Ini yang membuat modem anda bekerja lebih cepat, karena dia hanya menghubungi 2 IP address. Lalu apa yang dilakukan dua IP address itu? Tentu saja mengunduh data, dan memberikannya kepada anda. Artinya dia yang melakukan koneksi seperti gambar satu (tanpa proxy). Tertarik?

red-dragon

3 comment:

Post a Comment

 
Back to top!