Searching...
July 20, 2011
Wednesday, July 20, 2011

Mengembalikan GRUB Akibat Install Ulang Windows

Install dual boot [Windows feat. Linux] emang enak. Linux buat hiburan dan temen bikin proyek, Windows buat main game dan ngerjain tugas kampus yang rata-rata pake software Windows. Sebulan, dua bulan lewat, lama-lama Windows collapse karena serangan virus yang membabi-buta. Maklum, Windows kan gak ada sistem akses ROOT kayak di Linux, meski Linux sendiri sebenernya punya beberapa kelemahan :(

Well, mentok nggak bisa nyelesain crash yang bertubi-tubi dari Windows, kita nginstal ulang deh tuh OS yang disebut Windows. Dengan tanpa ragu, kita install ulang [sok keren]. Kelar nginstal ulang, nyundut rokok, terus nge-boot, dengan terhenyak, kita melihat tampilan GRUB yang sangat bersahabat tiba-tiba hilang dengan madesu-nya. Bingung pengen ngapain, lama-lama Linux-nya diinstal ulang juga,




Kejadian ini sering kali menimpa para n00b [newbie]. Dalam artian:

Install ulang Windows = Install ulang Linux


Mending lah kalo Linux-nya masih standar, coba kalo banyak aplikasi yang udah ditambahin sampe nge-patch kernel buatan sendiri. Ah, rasanya pangen e'ek aja. Tapi, jangan khawatir, masih ada metode yang bisa dipake buat nginstall GRUB kamu, jadi Linux-nya bisa main lagi.

Gimana caranya?

Yang kamu butuhkan cuma sebuah Linux Live CD atau Live USB. So, kalo udah, ikutin steps berikut:
  • Mount drive tempat Linux kamu bertengger. Ingat, jangan mount drive apapun kecuali drive ini.
  • Buka terminal terus ketik
Code:
ls /media/

  • Masih di terminal, terus ketik:


Code:
sudo install-grub --root-directory=/[direktori] (spasi) /dev/sda


Direktori-nya dimana? Direktory-nya adalah hasil dari "ls /media/" tadi. Misalkan, setelah mengeksekusi perintah "ls /media/" tadi menghasilkan output:
xxxx-xxxx-xxxx-xxxx

Maka untuk instalasi GRUB-nya lakukan:


Code:
sudo install-grub --root-directory=/media/xxxx-xxxx-xxxx-xxxx /dev/sda



Tekan "Enter". Lalu reboot. Enjoy your Linux again.

blusp10it

1 comment:

Post a Comment

 
Back to top!