Searching...
July 20, 2011
Wednesday, July 20, 2011

Mengganti DNS Untuk Meningkatkan Kecepatan

Seringkali kita main internet dan dihadapkan dengan kuota habis yang mengakibatkan modem bete. Setelah coba pake proxy, ternyata proxy-nya pada bete. Bingung pengen ngapain akhirnya beli pulsa juga. Huahahaha.

Oke, ada langkah lain buat meningkatkan kecepatan internetan dengan modem kesayangan, yaitu dengan menggunakan DNS. Daripada banyak bacot buat ngejelasin DNS, mending kamu cari di Wikipedia aja deh \m/




Lanjut buat melakukan konfigurasi wvdial dengan menggunakan DNS, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah sebagai berikut:
  • Ganti konfigurasi peer wvdial di:

    Code:
    root@blusp10it:~# nano -w /etc/ppp/peers/wvdial

    Menjadi:
Save konfigurasi tersebut dengan menekan "CTRL + X" lalu tekan "Y" untuk mengkonfirmasi penyimpanan, lalu tekan "Enter" untuk me-replace konfigurasi yang sebelumnya.
  • Lalu buat konfigurasi tersebut tidak bisa diutak-atik oleh program lain. Karena biasanya wvdial akan membuat konfigurasi sendiri yang bergantung sama provider dari modem kamu.

    Code:
    root@blusp10it:~# chmod -R 755 /etc/ppp/peers/

  • Lanjut, buka konfigurasi wvdial untuk mematikan fungsi auto DNS. Seperti yang saya ceritakan tadi, wvdial biasanya akan melakukan fungsi pengambilan DNS secara otomatis tergantung dari providernya. Fungsi ini bisa dimatikan dengan mengganti konfigurasinya:
Code:
root@blusp10it:~# nano -w /etc/wvdial.conf                       
Lalu tambahkan baris bari di bawah:
Auto DNS = off 
  • Terakhir, masukin deh DNS yang mau kita pake:

    Code:
    root@blusp10it:~# nano -w /etc/resolv.conf

Semoga tutorial ini bisa membantu kawan-kawan yang modemnya suka bete sendokir. Cheers ^^

blusp10it

1 comment:

Post a Comment

 
Back to top!