Searching...
July 19, 2011
Tuesday, July 19, 2011

Reset Password Root Ubuntu

Namanya juga manusia, punya rasa bosan itu wajar. Sesekali kita mengganti password dengan hal unik yang sedang beken dalam ingatan kita. Tapi tidak jarang juga kalau kita lupa password tersebut walau hanya dalam beberapa menit. Masalah yang lebih serius adalah lupa password root, atau administrator dalam windows. Kalau sudah begini, tentu masalahnya menjadi sangat serius. Lelah mencoba dan googling kesana kemari, ditambah metode editing GRUB yang gagal, sekarang kamu bisa bernafas dengan sangat lega. Karena saya akan memberikan tutorial Reset Password Root Ubuntu atau Back|Track via Live CD, dan saya berikan jaminan 100% jika metode ini gagal. :)

Langsung saja ke cara reset password root.

Pertama, siapkan live CD, pake boot flashdisk juga bisa. Terus boot komputer atau laptop kamu sampai muncul tampilan desktop ubuntu atau Back|Track. Buka nautilus atau dolphin (kalo di windows namanya explorer).

Masih ingat dimana letak partisi menginstall Back|Track atau Ubuntu kamu? Bagus... Sekarang buka partisi tersebut, kemudian buka folder etc. Di dalam folder etc, terdapat file shadow. Buka file shadow tersebut dengan aksi double klik.

Kamu akan melihat sederetan kode-kode, dan terdapat baris

root:$1$aB7mx0Licb$CTbs2RQrfPHkz5Vna0.fnz8H68tB.:/



Hapus kode hash (yang berwarna hijau) dimulai dari $ sampai titik (sebelum titik dua). Kemudian save, dan reboot komputer atau PC kamu. Jika kamu menggunakan Back|Track, maka kamu akan diminta untuk memasukan password baru untuk root. Saat pengetikan password, tidak akan ada karakter yang tampak, jadi perhatikan keyboard anda baik-baik. Kamu akan diminta memasukan password dua kali untuk memferifikasi password kamu. Selanjutknya, login dengan root dengan password baru kamu.

TIPS: Supaya tidak lupa dengan password baru, ada baiknya kamu menggunakan password standar dari Back|Track yaitu: toor :)

blusp10it

0 comment:

Post a Comment

 
Back to top!