Searching...
July 18, 2011
Monday, July 18, 2011

Mempercepat Modem Yang Kehabisan Kuota


Sebelum saya menjelaskan cara menggunakan proxy, saya akan kasih tau apa yang dimaksud dengan proxy. Anggap saja Internet itu seperti sedang menelepon. Kalo kamu lagi facebook-an, berarti kamu lagi nelepon facebook. Lalu apa kelebihan menggunakan proxy?

Proxy itu seperti perantara ketika kamu lagi teleponan. Kalo kuota habis, bandwidth bakal diturunin ama operator. Otomatis calling jarak jauh seperti facebook (server facebook itu di luar Indonesia) bakal susah. Bandwidth itu apa? Nah, ibarat teleponan, bandwidth itu besar diameter kabel telepon. Semakin besar bandwidth, berarti data yang keluar-masuk juga makin mudah.

Terus, gimana cara menggunakan bandwidth? Yang jelas kamu harus punya 'nomer telepon' si proxy, alias IP address nya. Dan mencari IP address 'penyedia' proxy itu nggak pernah mudah. Karena kebanyakan IP address membatasi perintah ping dan transfer data, atau menutup port-port 8080 atau port 3128. Untuk mempermudah mencari Proxy, saya sarankan buat kalian untuk menggunakan program pencari proxy. Yaitu Proxy Switcher.

Proxy switcher itu bukan program yang gratis, alias berbayar, tapi tenang aja, banyak orang di luar sana yang udah menjebol kode verifikasi program ini. Sebenarnya ada banyak program pencari proxy, seperti proxyfire dan lain-lain. Tapi Proxy switcher adalah program yang penggunaannya paling mudah.

Lanjut ke cara pencarian proxy dengan menggunakan proxy switcher. Setelah mendapatkan program PS, iktui aja langkah-langkah berikut.
1. Klik tombol common task wizard
2. Klik next
3. Pilih opsi paling atas "Find New Server....."
4. Finish

Perhatikan pada folder new di sebelah kiri, kalo jumlahnya udah banyak (kira-kira aja sendiri), klik cancel biar testing proxy-nya nggak lambat. Setelah itu lakukan testing proxy dengan menekan tombol "Play" alias si segitiga warna hijau. Tunggu prosesnya selesai, kalo ada proxy yang dead, berarti proxy itu lagi ngga bisa dipake, abaikan aja. Kalo udah ada yang ketemu, maka Folder Basic Anonymity akan bertambah. Klik folder anonymity, dan perhatikan keterangan respon dari proxy tersebut. Semakin kecil angka responnya, berarti proxy itu punya bandwidth yang gede! Kok begitu? Maksud respon itu adalah, seberapa cepat dia menanggapi perintah ping dari kita. Kalo makin cepet responnya, berarti kan internetannya juga makin cepet. :D

Setelah mendapatkan proxy yang bagus, dengan respon yang cepat. Double klik aja IP addressnya, maka kamu akan ngeliat perubahan pada tittle bar menjadi (Active Proxy: [IP Proxy:Port] Negara)

Kayak begini kurang lebih.


Kalau kamu pengguna mozilla firefox, maka ikuti langkah ini untuk mengubah settingan network proxy untuk si Mozilla.
1. Klik tools -> Options.. -> Advance
2. Klik tab network -> Settings..
3. Pilih auto detect proxy setting for this network
4. Klik OK -> OK

Sekarang kamu udah pake proxy untuk berinternetan cepat dengan qouta yang sudah habis. Tag ke teman-teman kamu yang membutuhkan ya. :D

That's All

red-dragon

11 comment:

Post a Comment

 
Back to top!