Searching...
March 14, 2014

[HOW TO] Installing Metasploit Bleeding Edge

Ini yang saya suka dari Open Source Project. Banyak yang ikutan berkontribusi untuk memajukan project ini. Metasploit salah satunya. Karena saya lebih suka menggunakan versi bleeding edge, jadi saya memilih untuk menginstall metasploit melalui GitHub Source.

NOTE :
1. Karena versi ini adalah versi bleeding edge, kamu akan menemukan beberapa bug (ini wajar)
2. Sebagai pengguna versi bleeding edge, kamu diharapkan dapat berkontribusi pada project yang bersangkutan (cukup report bug pada para developer sudah sangat membantu mereka)
3. Jika kamu sudah memiliki metasploit, ada baiknya kamu menghapus total dari system kamu, ini dapat meringankan beban kerja system dari sisi memory usage, CPU usage, dan storage usage.
4. Kamu akan mendapatkan guide berupa command line:
    a. Tanda "#" menunjukan bahwa perintah ini harus dijalankan DENGAN ROOT privilege
    b. Tanda "$" menunjukan bahwa perintah ini TIDAK memerlukan ROOT privilege
5. Kecepatan proses installasi akan sangat bergantung pada kecepatan internet kamu, jadi kalau kamu punya kecepatan internet yang pas-pasan, jangan mengeluh kalau nanti proses intallasinya lambat
6. Saya sudah menginstall metasploit bleeding edge sebelum saya membuat panduan ini, beberapa panduan tidak akan disertakan screenshot, terpikir oleh saya untuk memulainya dari awal, karena keterbatasan internet, jadi saya rasa itu bukan pilihan yang bijak. Itu mengapa saya tidak menyertakan banyak screenshot di sini.

WARNING :
1. Guide ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri, dan semuanya berfungsi dengan baik. Jika cara ini tidak berhasil, mohon cek kembali langkah yang telah kamu lakukan. Jika Kamu yakin kamu benar, harap berikan komentar di bawah, saya AKAN membantu masalah kamu.
2. Saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang diakibatkan dari panduan ini. DO WITH YOUR OWN RISK! YOU'VE BEEN FUCKING WARNED!

PREPARATION :

1. Installasi GIT dan dependencies untuk metasploit bleeding edge

# apt-get update
# sudo apt-get -y install \
  build-essential zlib1g zlib1g-dev \
  libxml2 libxml2-dev libxslt-dev locate \
  libreadline6-dev libcurl4-openssl-dev git-core \
  libssl-dev libyaml-dev openssl autoconf libtool \
  ncurses-dev bison curl wget postgresql \
  postgresql-contrib libpq-dev \
  libapr1 libaprutil1 libsvn1 \
  libpcap-dev git-core ruby1.9.3

2. Buat folder baru untuk Metasploit Bleeding Edge

$ mkdir ~/Applications

3. Ubah working directory ke ~/Applications

$ cd ~/Applications
[~/Applications] $

4. Clone metasploit project dari GitHub

[~/Applications] $ git clone https://github.com/rapid7/metasploit-framework.git


INSTALLING METASPLOIT BLEEDING EDGE :

1. Install Ruby RVM

[~/Applications] $ curl -L https://get.rvm.io | bash -s stable --autolibs=enabled --ruby=1.9.3

2. Load RVM scripts

[~/Applications] $ source ~/.rvm/scripts/rvm

3. Check GEM version

[~/Applications] $ gem -v
1.8.23


Jika versi kamu 1.8.23, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya

4. Installing Dependecies for Metasploit Bleeding Edge

[~/Applications] $ cd metasploit
[~/Applications/metasploit] $ gem install bundler
[~/Applications/metasploit] $ bundle install



5. Check apakah metasploit dapat berjalan

[~/Applications/metasploit] $ ./msfconsole


6. Configuring $PATH for msf

[~/Applications/metasploit] $ echo "PATH=\$PATH:~/Applications/metasploit" >> ~.profile

7. Last check
Tutup terminal, kemudian buka terminal lagi.

$ msfco [TAB]

Jika hasilnya

$ msfconsole

Check kembali dengan perintah

$ which msfconsole

Jika hasilnya

/home/YOUR_USERNAME/Applications/metasploit/msfconsole
atau
/root/Applications/metasploit/msfconsole

SELAMAT! Kamu sudah memiliki METASPLOIT BLEEDING EDGE!

Jangan lupa, kamu harus selalu update dengan versi bledding edge ini, karena versinya bleeding edge, progress project akan sangat cepat. Hampir setiap hari update! Untuk mengupdate metasploit bleeding edge kamu, cukup masukan perintah

$ msfupdate
atau
$ ./$HOME/Applications/metasploit/msfupdate

IT'S OK TO COPY THIS ARTICLE, BUT MAKE SURE TO GIVE THE SOURCE. I'VE MADE THIS BY MY OWN HAND, MY OWN TIME, MY OWN MIND, SO IF YOU LIKE MY WORKS, YOU CAN APPRECIATE IT BY INCLUDING THE SOURCE ON YOUR ARTICLE

NGGA PA PA KALO KAMU MAU MENGKOPI ARTIKEL INI, TAPI PASTIKAN KAMU MEMBERIKAN SUMBERNYA. SAYA TELAH MEMBUAT INI DENGAN TANGAN SAYA SENDIRI, DENGAN WAKTU SAYA SENDIRI, DAN DENGAN PIKIRAN SAYA SENDIRI, JADI KALO KAMU SUKA DENGAN HASIL KERJA SAYA, KAMU BISA MENGHARGAINYA DENGAN MENYERTAKAN SUMBERNYA DI ARTIKEL KAMU

HAPPY EXPLOITING WITH NEW BLEEDING EDGE OF METASPLOIT!

1 comment:

  1. Dragon bisa kali klik download Metasploit Bleeding Edge ,thx

    ReplyDelete

 
Back to top!